BERKISAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI

Bojonegoro – Aula Al-Birru Pertiwi menjadi saksi keseruan pelatihan berkisah yang digagas oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Sabtu – Minggu (21-22 Oktober 2017) bekerjasama dengan Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI), mahasiswa PIAUD merasakan bagaimana efek berkisah bagi dunia anak. Bukan hanya itu, pelatihan ini menitik beratkan pada praktek (softskill) untuk menjadikan para mahasiswa mampu dan ahli berkisah.

Berkisah tidak hanya disenangi bagi anak-anak, namun ternyata setiap orang menyukai kisah-kisah. “Naluri seseorang ketika berbelanja misalnya. Bertemu dengan teman di pasar dan terjadilah proses berkisah antara satu dengan lainnya. Selain itu, apakah kita tahu ? bahwa Al-Qur’an memiliki banyak  kisah yang ditulis di dalamnya. Di antaranya: Kisah Ashabul Kahfi, Kisah Maryam ibunda nabi Isa A.S., Kisah Nabi Ibrahim, dan kisah-kisah lainnya. Kisah-kisah tersebut  membuktikan kuasa Allah maupun sebagai pelajaran bagi manusia” ujar Kak Ari selaku ketua PPMI. Setiap orang tentu tidak lepas dari cerita/kisah saat berbincang-bincang dengan teman/rekannya. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa berkisah/cerita menjadi bagian keseharian manusia.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa berkisah tak ubahnya merupakan metode pengajaran bagi anak usia dini, padahal sadarkah kita ? bahwa setiap adanya pendakwah dalam menyampaikan dakwahnya, kerapkali menyisipkan atau bahkan membawakan tema-tema kisah inspiratif tokoh-tokoh Islam. Berangkat dari hal tersebut, tertanam sosok tauladan dan panutan yang mempengaruhi mindset berpikir sesorang. Begitu besarnya dampak berkisah bagi seseorang, apalagi jika ditanamkan sejak pada masa anak-anak (golden age). “Semakin sering kita memberikan kisah inspiratif islami dan tauladan bagi anak-anak kita, Insya Allah karakter anak Indonesia menjadi berbudi luhur dan berakhlak mulia” tutup Bunda Ulfa – Ka. Prodi PIAUD. (fkr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *