MAHASISWA PIAUD IAI SUNAN GIRI PIMPIN IKMAPISI WILAYAH IV PADA SEMNAS PAUD INKLUSI

Ikatan Mahasiswa PIAUD Seluruh Indonesia (IKMAPISI) menggelar Seminar National bertajuk Penerapan PAUD Inklusi Berbasis Holistik Integratif untuk Anak Usia Dini, Selasa (24/10/2017), di Gedung Audit II UIN Walisongo Semarang. Pada seminar ini hadir Dr. Sigit Purnama, M.Pd (Dosen PIAUD UIN Sunan Kalijaga Jogja) dan Dr. Endang Widyarini, MS (Psikolog Anak) sebagai pembicara kunci.

Dr. Sigit Purnama, M.Pd mengungkapkan, bahwa inklusi adalah suatu system penyelenggaraan Pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak yang memiliki gangguan, hambatan atau yang memiliki kecerdasan atau bahkan bakat istimewa untuk belajar bersama-sama dalm belajar.

Layanan PAUD Holistik integrative untuk anak usia dini meliputi 6 aspek perkembangan yaitu perkembangan kognitif, perkembangan Bahasa, perkembangan seni, perkembangan social, perkembangan emosional, perkembangan moral dan agama, perkembangan motoric anak. Sedangkan menurut Dr. Endang Widyarini, MS. mengungkapkan bahwa anak inklusi itu tidak hanya anak yang berkebutuhan khusus saja tetapi anak yang kurang perhatian, anak yang hiperaktif, anak implusitivi, dan anak cerdas pula.

Acara tersebut juga dilaksanakan Pelantikan pengurus besar ikatan mahasiswa PIAUD seluruh Indonesia (IKMAPISI ), salah satunya merupakan mahasiswa dari IAI Sunan Giri Bojonegoro. Rika Roykhanatul Azizah terpilih sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah IV IKMAPISI yang mencakup universitas diseluruh daerah Jawa Timur, Bali, NTT, NTB.

Setelah kegiatan pelantikan, diadakan kegiatan RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional). Semoga dengan terselenggaranya acara ini mampu meningkatkan rasa semangat juang kita dalam memajukan pendidikan terkhusus pada pendidikan anak usia dini. (Alin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *