Temu Ilmiah dan Evaluasi Bulanan: Bahas desain visual untuk hadirkan pembuatan materi power point yang menarik

Selasa, 13 Februari 2018 menjadi waktu/agenda rutin fakultas untuk mengadakan temu ilmiah dan evaluasi bulanan. Dibuka dengan ‘mukaddimah’ dari Dekan, mengevaluasi secara keseluruhan kegiatan fakultas dan kinerja dosen. Dilanjut dengan tanya jawab mengenai keluh-kesah dan saran dari seluruh dosen, rapat bulanan ini menjadi semakin menarik. “Kita ini sedang di era digital, sulit untuk mengelak. Jaman old sudah digantikan menjadi jaman now. Sistem dan cara pengajaran juga harus berubah agar mengimbangi zaman milenial ini. Mari Bapak-Ibu rapatkan barisan untuk menyambut era global ini.” pungkas Dekan menyemangati seluruh dosen di akhir evaluasinya.

Acara kedua dilanjut dengan presentasi ilmiah oleh Ibu Ida Fauziyah, mengupas tuntas masalah kebiasaan yang kurang baik dalam masalah layout power point. Point pertama dalam makalahnya menjelaskan bahwa, seringkali presenter (pemakalah/dosen) tidak mengindahkan besar-kecilnya tulisan (font) pada slide yang ditampilkan. “Tahukah bahwa peserta/mahasiswa yang berada di posisi belakang, belum tentu jelas melihat mereka yang berada di depan ? solusinya adalah jarak pandang harus diukur dengan ukuran font yang benar. Cara gampangnya adalah, anda mencoba menjadi peserta paling belakang dan coba lihat slide yang anda buat. Tidak ada aturan baku sebenarnya untuk ini, tapi biasanya untuk judul digunakan ukuran 36, sedangkan isi menggunakan besar 24.” tandas dosen pengampu matakuliah pembelajaran berbasis IT tersebut.

Pada point kedua, dijelaskan bahwa power point bukanlah power text, maka harusnya tidak berisi semua paragraph tapi point-point saja pada masing-masing slide. Selanjutnya juga diberikan gambaran dalam mendesain supaya presentasi menjadi menarik, terutama pada penggunaan warna. Di akhir kegiatan temu ilmiah ini juga di bahas mengenai kemampuan mahasiswa dalam presentasi di depan kelas. Harapannya bukan hanya pada tingkat dosen, sampai tingkat mahasiswa juga diharapkan mampu membuat materi presentasi yang menarik. (fkr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *