HUBUNGAN KERJASAMA LUAR NEGERI: MENENGOK PEMBELAJARAN DI LITHUANIA

SELASA 06 Maret 2018, instansi pendidikan (Pemerintah Kabupaten) kedatangan tamu dari negara Lithuania. Mereka adalah tim/koordinator pendidikan dasar yang sengaja datang untuk berbagi dan belajar bersama mengenai sistem pendidikan. Bersama tamu lainnya, Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri yang diwakili oleh Dekan Fakultas Tarbiyah hadir dalam kunjungan antar negara tersebut. Pertemuan tersebut banyak membahas tentang sistem pendidikan di masing-masing negara.

Pembelajaran dasar di Lithuania menggunakan pembelajaran tematik sejak 6 tahun lalu. Lithuania lebih menekankan pada bagaimana siswa mengalami proses (pembelajaran), ketika siswa tersebut dapat memahami kehidupan nyata dan mereka dapat mengintegrasikan dengan pembelajaran di sekolah.  Lithuania menggunakan text book yang lebih sederhana. Semisal perhitungan tentang perdagangan, tentang hitungan waktu, maupun hitungan sains dengan aplikasi kehidupan sehari-hari dengan contoh/perumpamaan yang jelas.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan kontrak kerjasama (MoU) dengan pihak kampus mengenai beberapa hal, di antaranya adalah kunjungan/studi banding, pertukaran pelajar, pertukaran pengajar, dan beberapa perjanjian lainnya yang telah disepakati oleh pihak IAI Sunan Giri Bojonegoro dan The Institute for the Harmonious Individual Lithuania. (Red: Zky,Fkr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *