Harlah ke-7, Prodi PIAUD UNUGIRI Bojonegoro Selenggarakan Webinar APE Zaman Now

Hari lahir (Harlah) ke-7 Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UNUGIRI Bojonegoro menjadi momentum untuk terus berbenah. Salah satu kegiatannya adalah webinar Alat Peraga Edukatif (APE). Webinar ini menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan visi misi Prodi PIAUD, yaitu menciptakan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan media pembelajaran, Senin (1/11/2021).

Kaprodi PIAUD Ibu Ulfa, M.Pd.I. memaparkan bahwasanya, “Ilmu itu bersifat dinamis, jadi keberadaannya menyesuaikan zaman. Menurut yang saya kutip dari Ali bin Abi Tholib yakni, pemberian, pengajaran, pembelajaran, dan metode sesuai dengan zaman berlangsungnya pendidikan,”. Peringatan Harlah yang ke-7 ini dirangkai dengan Webinar APE untuk menambah Skill dalam pengembangan media pembelajaran. Apalagi ditengah zaman yang serba digital seperti ini.

“PIAUD Juara, UNU Sunan Giri Jaya” merupakan tema yang diangkat dalam peringatan Harlah tahun ini. Harapan dari kegiatan ini adalah mahasiswa prodi PIAUD mampu untuk terus menorehkan kejuaraan-kejuaraan baik dalam lingkup lokal maupun internasional. Sejalan dengan tema tersrbut, webinar dengan tema “APE Zaman Now” juga diharapkan mampu memicu kreatifitas mahasiswa yang dituangkan melalui alat permainan edukatif, sehingga kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu jalan menoreh prestasi dan mengharumkan nama Prodi.

Dosen Prodi PIAUD Ibu Endang Puspitasari, M.Pd. turut membersamai kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi PIAUD. Pihaknya memberikan pemaparan dan edukasi seputar Alat Permainan Edukatif. Menurut beliau, jenjang usia dini sangat familiar dengan alat permainan yang dapat memberikan edukasi dalam proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Selain itu, tenaga pendidik menjadi pemegang kendali penuh dalam memberikan edukasi kepada peserta didik melalui media APE. Anak sekolah dini pemikirannya masih seputar permainan, maka dari itu bagaimana tenaga pendidik bisa memfasilitasi hal tersebut dan menyelipkan pembelajaran didalamnya.

Ibu Endang Puspitasari,M.Pd., menambahkan, “Pada anak usia dini hal yang perlu kita tekankan adalah pemberian stimulus dengan cara bermain seraya belajar. Karena APE sendiri bertujuan untuk merangsang anak dan memberikan rasa senang dalam proses belajar,”. (Ila).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *